Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah Provinsi Banten

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah Provinsi Banten


SMP TERPADU IMAM SYAFIIYYAH pada tanggal 26 juli 2018 terpilih sebagai peserta Pelatihan Peningkatan Kurikulum 2013 Se-Provinsi Banten, yang di adakan di Hotel Yasmin Karawaci Tangerang. Yang dimana acara pelatihannya dilaksanakan Selama kurun waktu 6 hari dari tanggal 26 Juli sampai dengan 31 Juli 2018. Para peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Kepala Sekolah Provinsi Banten terdiri dari kepala sekolah tingkat SMP, SMK dan SMA baik itu Sekolah Swasta maupun Negeri . Adapun jumlah seluruh sekolah yang ikut kurang lebih 342 kepala sekolah Se-Provinsi Banten yang diundang untuk mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan ini di adakan oleh KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA.

Dalam pelatihan, para peserta baik kepala sekolah maupun perwakilan sekolah diwajibkan mengikuti pelatihan sesuai jadwal yang ada di mulai dari jam 08.00 wib s/d 19.30 wib tentu saja ada jam istirahat / coffebreak setiap 3x sehari. Dimana metode pelatihan yang di terapkan yaitu hari pertama materi kemudain hari kedua dan seterusnya diisi dengan diskusi untuk mengerjakan tugas yang sudah disediakan.

Foto 1.1 Sebelum Memulai Pembelajaran Pelatihan Olahraga Senam Otak Dulu.
Foto 2.2 Dari 342 kepala sekolah di bagi kelas A-J Setiap Kelas Di bagi Perkelompok maksimal 5 Orang Untuk keefektifan pelatihan dan pengerjaan tugas yang banyak hahaha.






Foto 3.3 Penyampaian materi menggunakan media ceramah dan presentasi walaupun materi sedikit yang di sampaikan tugasnya banyak yang harus dikerjakan hahahaha.






Foto 4.4 Selesai acara pelatihan tidak afdol bila tidak ada foto perpisahan Bersama “saya yang baju biru yah hahaha”
Singkat materi yang dipaparkan selama pelatihan sebagai berikut.
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan untuk memfasilitasi pengeloaan implementasi Kurikulum 2013 dari segi manajerial. Modul ini disusun dengan mengintegrasikan keterampilan yang diperlukan peserta didik agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka).

Literasi menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan “melek” dalam berbagai hal. Pencapaian kompetensi peserta didik diukur melalui penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik. Penilaian tersebut dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Kepala sekolah mengelola pendidik (guru) melakukan pemantauan proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar. Dalam lingkup karakter, penguatan pendidikan karakter (PPK) di Indonesia mengacu pada lima nilai utama, yakni (1) religiositas, (2) nasionalisme, (3) kemandirian,(4) gotong royong, (5) integritas (Depdikbud, 2018). Implementasi PPK dapat dilakukan dengan tiga pendekatan utama, yaitu berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Ketiga pendekatan ini saling terkait dan merupakan satu kesatuan yang utuh. Pendekatan ini dapat membantu satuan pendidikan dalam merancang dan mengimplementasikan program dan kegiatan PPK.

Adapun bila ingin materi yang lebih lengkap bisa di download dengan meng klik link di bawah ini :
Download Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013
Download Modul Pengembangan Supervisi Akademik Dalam Implementasi Kurikulum 2013
terpadu imam syafi'iyyah

Terimakasih telah mengunjungi semoga informasi dari blog ini bisa bermanfaat

Facebook   Youtube   Google Yahoo  Microsoft 
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

0 Komentar